Oleh Grup Riset: Pembelajaran Matematika Kontemporer dan Terapannya di Perguruan Tinggi (PMK-TPT)

Pada tanggal 20 Juni 2023, tim abdimas RG PMK-TPT , dengan ketua Dr. Budi Usodo M.Pd, bersama tim : Dr Farida Nurhasanah M.Pd, Henny Ekana C, M.Pd, Sutopo, M.Pd , Yemi Kuswardi M.Pd melakukan sosialisasi dengan melaksanakan PELATIHAN PEMANFAATAN PENGEMBANGAN HASIL RISET: MEDIA EDUKASI FRACTION BAKERY UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENDIDIKAN DASAR di SD Negeri 15 Sragen, bekerja sama dengan KKG Tunas Sukawati Sragen. Kegiatan pelatihan dilakasanakan dalam 32 JP, yang dimulai dengan kegiatan workshop bersama 30 guru SD di Sragen, dengan narasumber dari Akademisi AMIKOM Yogyajarta dan Praktisi yang juga menjadi pemerhati dan penghasi media pembelajaran khususnya yang berbasis game , yaitu dari PR Sebangku Jaya Abadi Yogyajarta. Pelaksanaan kegiatan bertempat di SD Negeri 15 Sragen sebagai salah satu sekolah mitra yang tergabung dalam KKG Tunas Sukawati Kecamatan Sragen, dan diikuti oleh 30 guru-guru. Dalam kegiatan pengabdian ini, riset grup Pendidikan Matematika Kontemporer dan Terapannya di Pendidikan Tinggi memanfaatkan hasil desain penelitian selama 2 tahun terakhir yang mengambil tema riset pengembangan media pembelajaran untuk materi pecahan, Fraction Bakery baik sebagai media nyata maupun maya.

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah: (1) Rizky M. Kom dari AMIKOM Yogyakarta, dengan materi Board Games sebagai Media Edukas. (2) Dr. Farida Nurhasanah M.Pd. dengan materi penguatan Konsep Pecahan

Pelatihan untuk guru dilakukan dengan metode full day trainning yang dilakukan selama dua hari dengan rincian materi sebagai berikut: (1) Kajian dan penguatan pemahaman materi pecahan secara teori konseptual oleh tim RG dan narasumber dari PT Sebangku Jaya Abadi. (2) Pemanfaatan dan sharing aturan pemanfaatan media belajar baik nyata maupun game online Fraction Bakery sebagai alat belajar siswa untuk materi pecahan. (3) Pengambilan data respon guru terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan dan dilatihkan. Pada tahap inilah peran dan partisipasi mitra diperlukan sebagai pelaksana pemanfaatan media Fraction Bakery di kelas.

Pada kegiatan ini beberapa guru, peserta pelatihan berhasil menerapkan 9 langkah perencanaan games, berikut salah satu hasil pengembangannya yang telah dibuat dalam 1 story board game:

Tahap akhir pelatihan tersebut dilakukan evaluasi atas respon guru terhadap isi pelatihan, hampir semua responden menyatakan respon positif terhadap pelatihan, baik kemanfaatan isi pelatihan, kemenarikan, kebutuhan guru sebagai pengajar dan antusiasme dalam pelatihan tersebut.

Comments

More Posts You May Find Interesting