International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME) 2021 merupakan agenda besar Program Studi S2 Pendidikan Matematika UNS yang selanjutnya akan menjadi agenda tahunan. I-CMME 2021 kali ini diselenggaran pada kuartal ketiga tepatnya pada tanggal 23-25 Agustus 2021. Event tersebut digelar sebagai wujud layanan konferensi yang mengundang para peneliti, akademisi, pendidik, praktisi, lembaga pemerintah, dan konsultan di seluruh dunia untuk berbagi wawasan, prespektif, dan tren penelitian baru dalam bidang matematika dan pendidikan matematika.

Agenda ini dilaksanakan dalam dua sesi yaitu Parallel Session dan Plenary Session. Parallel Session dilaksanakan secara Asynchronous selama dua hari (23-24 Agustus 2021). Pemakalah diminta membuat video presentasi dengan durasi maksimal 15 menit. Video-video tersebut diupload pada kanal YouTube milik Program Studi S2 Pendidikan Matematika kemudian di-link-kan ke website I-CMME. Diskusi tanya jawab antar peserta dilaksanakan dalam website tersebut. Terdapat 10 ruang diskusi yang disesuaikan dengan tema penelitian dengan jumlah pemakalah mencapai 122 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia.

Sedangkan Plenary Session dilaksanakan secara Synchronous melalui zoom meeting dan Live YouTube pada tanggal 25 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Acara dibuka oleh Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi. Dalam kesematan tersebut beliau mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan I-CMME 2021.

I-CMME 2021 mengusung tema “Integration of STEAM-based Innovation Learning in Mathematics and Mathematics Education During Pandemic” dengan menghadirkan pembicara dari empat negara yaitu Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Kom., M.Sc. (UNSRI) dan Dr. Imam Sujadi, M.Si. (UNS) dari Indonesia, Assoc. Prof. Mazlini Adnan (UPSI) dari Malaysia, Prof. Werner Olivier (Nelson Mandela University) dari South Africa, dan Dr. Kristof Fenyvesi (University of Jyvaskyla) dari Finland.

Pada kesempatan ini panitia telah menjalin kerjasama dengan beberapa penerbit untuk mempublikasikan artikel-artikel yang layak yaitu AIP Proceeding (Scopus Indexed), Atlantis Press (WoS Indexed), Teknodika (Sinta), dan JMME (Jurnal Nasional).

Rangkaian kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar, Kaprodi S2 Pendidikan Matematika UNS melalui Ketua Panitia Dr. Laila Fitriana, M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat terutama kepada Pembicara, Reviewer, dan Panitia. Serta ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pemakalah yang telah mempercayakan artikelnya kepada I-CMME 2021.

 

Penulis: Agus Hendriyanto

Comments

More Posts You May Find Interesting