Melalui program Word Class University (WCU) Universitas Sebelas Maret tahun 2021 tahap 2, Program Studi S2 Pendidikan Matematika menyelenggarakan International Guest Lecture dengan Judul PISA Study: International Webinar of Master’s Degree on Mathematics Education.

Kegiatan inu merupakan penyelenggaraan kuliah tamu atau webinar dengan mengundang pembicara dari luar negeri yang merupakan top scholar di bidangnya. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kuantitas dan kualitas global academics-peer yang berkegiatan di UNS guna mengakselerasi reputasi akademik internasional, 2) meningkatkan wawasan keilmuan dosen dan mahasiswa dalam bidang tertentu, 3) meningkatkan jejaring UNS dengan perguruan tinggi di luar negeri, 4) menjadi pintu masuk kerjasama riset dan publikasi ilmiah antara dosen UNS dengan top scholars.

Salah satu persyaratan kegiatan ini yaitu pembicara yang di undang harus memiliki H indeks (Scopus) minimal 10 untuk bidang sains dan teknologi serta minimal 7 untuk bidang humaniora.

Pada kesempatan ini, Program Studi S2 Pendidikan Matematika UNS mengundang Prof. Dr. Kaye Stacey dari University of Melbourne, Australia. H indeks (Scopus) yang dimiliki Prof. Kaye yaitu 16 dan University of Melbourne merupakan universitas peringkan 41 dunia versi QS Word Ranking tahun 2021. Selain itu Prof. Kaye juga pernah menjadi ketua PISA pada tahun 2012.

Webinar dilaksanakan secara live virtual melalui zoom meeting dan live YouTube pada tanggal 18 September 2021 dengan jumlah peserta kurang lebih 300 orang. Diskusi yang berlangsung cukup menarik yaitu membahas mengenai PISA dan hasil PISA di Indonesia. Panitia juga telah menyiapkan beberapa instrumen soal PISA yang diambil dari penelitian tesis mahasiswa untuk dijadikan bahan diskusi.

“Hasil dari kegiatan ini diantaranya yaitu direncanakan akan ada penelitian kolaborasi antara dosen S2 Pendidikan Matematika dengan Prof Kaye mengenai PISA di Indonesia” tutur ketua pengusul Dr. Laila Fitriana, M.Pd.

 

Penulis: Agus Hendriyanto

Comments

More Posts You May Find Interesting