JMME raih akreditasi Sinta 4

Kabar membanggakan datang dari Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret atas Jurnalnya yang berjudul “JMME= Juournal of Mathematic and Mathematic Education”. Setelah sebelumnya berproses menerbitkan artikel-artikel terbaik akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi SINTA 4 pada bulan Desember 2021.

Dr. Laila Fitriana, M.Pd, Redaktur JMME mengungkapkan, JMME akan terus meningkatkan kualitas penerbitan sesuai aturan publikasi yang berlaku secara umum, dan berupaya meraih author yang lebih luas. Beliau mengimbuhkan bahwa target selanjutnya adalah dapat terakrediasi pada Sinta 1 sekaligus dapat terindeks berstandar scopus. Tentu target tersebut bukan sembarang target, namun demikian redactor dan timnya optimis dapat meraihnya sesuai prosedur yang ditentukan.

Tergabung dalam tim, Agus Hendriyanto dan rekan lainnyasebagai sebagai mahasiwa merangkap sebagai editorial dan tim secretariat. Dengan demikian tim pelaksana jurnal sudah lengkap dan seluruh slot sudah dapat terisi. Redaktor JMME yakin bahwa dalam waktu dekat dapat akreditasi ke yang lebih tinggi.

JMME sendiri merupakan wadah bagi para akademisi, mahasiswa dan pakar untuk mempublikasikan hasil tulisan karya ilmiah di bidang ilmu matematika dan pendidikan matematika. Lingkup dari jurnal ini antara lain, applied mathematic, matematika dan pendidikan matematika, STEAM, dll.

Sejak awal terbit, JMME konsisten mempublikasikan jurnal dengan tujuan dapat memfasilitasi dan meningkatkan kualitas artikel penulis secara berkala. Selain itu, JMME tidak membatasi penulis dari kalangan akademisi saja, namun bisa dari kalangan umum, researcher, maupun praktisi di bidang ilmu komunikasi dengan syarat penulis dapat mengikuti aturan dan mekanisme publikasi di JMME.

Proses publikasi jurnal itu sendiri memakan waktu sekitar 2-3 bulan sejak artikel disubmit. Hal ini dikarenakan Tim JMME harus melakukan peninjauan dengan rinci setiap artikel yang masuk agar sesuai dengan standar penerbita. Tulisan harus memenuhi focus dan scope JEP (bidang ilmu komunikasi) dan mengikuti standar proses penerbitan (submit-review-editing-publish). Hal ini membuat penerbitan di JMME cukup ketat namun terjaga kualitasnya.

Meski objektifitas dalam proses penerbitan artikel yang bersumber dari internal maupun ekternal menjadi tantangan tersendiri tim JMME agar dapat terbit tepat waktu berkat kerja keras dan dedikasi sebagai bukti Tri Dharma Perguruan Tinggi. JMME merupakan jurnal dengan open journal system (OJS), sehingga dapat diakses di semua jaringan internet. Oleh karena itu program studi menghimbau agar promosi dapat digencarkan agar mendapat perhatian yang lebih luas.

Comments

More Posts You May Find Interesting